Sunday, December 4

Persiapan untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Menempuh pendidikan di universitas yang ada di luar negeri menjadi idaman banyak orang. Kualitas pendidikan yang ada serta fasilitas yang dimiliki memberikan suatu lingkungan yang akan sangat mendukung proses pembelajaran sehingga keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan yang didapatkan pun bisa jauh lebih baik bila dibandingkan dengan proses studi di dalam negeri. Selain itu, nantinya akan hadir peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai, baik itu dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki atau juga dengan mencari jaringan yang ada selama proses studi di luar negeri. Beasiswa Luar Negeri pun banyak dicari karena ini akan diperlukan untuk menempuh proses pendidikan tersebut.

Mencari Informasi terkait Kampus dan Beasiswanya

Namun, mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri bukan hal yang mudah. Ada proses cukup panjang dan persiapan matang yang harus anda lakukan  untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan beasiswa yang ada. Untuk itu, ada beberapa tips dan cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan beasiswa itu. Hal pertama dan terpenting tentu saja adalah mencari informasi. Informasi ini bisa berupa kampus dan jurusan yang tepat serta persyaratan yang diperlukan untuk masuk, termasuk juga persyaratan spesifik untuk mendapatkan beasiswa. Prosesnya akan memakan waktu cukup lama sehingga persiapan sedini mungkin akan sangat diperlukan.

Persiapan dalam Kemampuan Berbahasa Asing

Selain informasi, hal lain yang akan dibutuhkan adalah kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni. Sebagian besar persyaratan beasiswa akan melibatkan skor TOEFl ataupun IELTS dan skor yang dituntut akan cukup tinggi. Untuk itu, persiapannya tentu tidak akan bisa dilakukan dalam beberapa  hari saja. Karena itu, sejak awal memang diperlukan untuk mematangkan kemampuan berbahasa Inggris, baik itu lisan ataupun tulis. Sebenarnya, tak hanya bahasa Inggris saja karena hal itu akan spesifik ditentukan oleh kampus atau universitas tujuan yang ingin dimasuki. Bisa saja tes yang diperlukan adalah tes untuk kompetensi bahasa Jerman atau bahasa Prancis.

Pembuatan Motivation Letter dan Dokumen Lain

Bagian yang seringkali luput dari perhatian adalah tentang persiapan dokumen prasayarat yang harus dibuat. Salah satu yang paling sederhana tentu saja adalah CV. Selain itu, ada motivation letter hingga essay yang harus dibuat. Dua hal terakhir yang disebutkan ini akan menjadi bagian penting yang menentukan diterima tidaknya beasiswa yang diajukan. Selain konten atau isi dari motivation letter dan essay yang haruslah bagus, teknik penulisan yang ada perlu juga mendaptkan perhatian. Bahkan, motivation letter perlu dibuat secara otentik agar itu benar-benar mewakili tujuan dan motivasi anda sehingga itu tidak sekedar berisi hal yang terlalu umum. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan yang bagus sehingga peluang diterimanya semakin besar. Hal-hal seperti ini akan cukup menyita waktu selain persyaratan lain seperti tes yang harus dilakukan.

Persiapan Terbaik bersama Schoters

Ada begitu banyak persiapan yang harus dilakukan. Kuliah di Luar Negeri memang bukan hal yang bisa dipersiapkan dalam waktu singkat. Lebih lagi, persaingan yang ada pun sangat ketat. Ketika merasa tidak yakin kalau anda mempersiapkan semuanya sendiri, anda bisa menemukan bantuan yang diperlukan dari Schoters. Tim dari Schoters bisa memberikan beragam bantuan dan persiapan untuk anda mengajukan beasiswa dan menempuh pendidikan di luar negeri. Bantuan yang ada tidak sekedar dalam persiapan dokumen saja tapi juga beragam bimbingan sehingga anda benar-benar siap dan peluang untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri pun akan jauh lebih besar.